Minggu, 05 Juni 2011

SABAR DALAM ARTI SEBENARNYA

            Hadirin jama’ah jum’at Rohimakumulloh
Text Box: 1Marilah pada kesempatan sholat Jum’at yang penuh barokah ini kita senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh swt, dengan cara menjalankan semua perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya. Karena dengan nilai-nilai iman dan taqwa tersebut kita dapat meraih kebahagiaan hidup, keselamatan hidup baik didunia maupun diakhirat kelak. Amin.. Amin.. Ya Robbal ‘Alamiin……

            Hadirin jama’ah jum’at yang berbahagia
Marilah waktu yang mustajabah ini kita gunakan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Alloh swt, kita tinggalkan kesibukan duniawi beserta isinya sejenak untuk kita menginstrospeksi diri apakah kita sudah menjalankan semua perintah-perintah Alloh dan menjauhi semua larangan-larangan-Nya ataukah belum?

            Hadirin sidang jum’ah yang dimuliakan Alloh
Ketahuilah bahwa Alloh telah memberikan petunjuk-Nya kepada kita sebuah pekerti yang mulia dan luhur untuk meraih kebahagian dunia dan akhirat, pekerti itu adalah sabar. Sabar yakni menahan hawa nafsu agar kita tetap berjalan dijalan yang benar menurut Islam. Seperti firman Alloh dalam Surat Al-Baqoroh Ayat 177 :
 Artinya : “dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa”.


Text Box: 2


Pada ayat lain Alloh juga berfirman :
 
Artinya : “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "sesungguhnya kami adalah milik Alloh dan kepada-Nyalah kami kembali". Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang Sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Q.S. Al Baqoroh : 155-157)
           
Hadirin sidang jum’ah rohima kumulloh
Demikianlah pujian yang Alloh berikan kepada hamba-Nya yang mau berbuat sabar, keutamaan dari bersabar juga dapat kita lihat dari hadits Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Aisyah RA :
Artinya : “tidak ada musibah yang menimpa seseorang muslim kecuali Alloh melebur dosa-dosanya dengan musibah tersebut, dengan duri yang mengenai dirinya”. 

Text Box: 3Dalam hadits lain juga diterangkan:
Artinya : “barang siapa berbuat sabar maka Alloh akan memberi ketabahan kepada orang tersebut, dan tidak ada suatu pemberian yang diberikan kepada siapa saja yang lebih baik kecuali sabar’’.

Sahabat Ali karomallohu wajhah juga memberikan pandangannya mengenai sabar, yaitu ;
Artinya : “andaikan iman itu diibaratkan badan, sabar itu sebagai kepalanya, maka ketika kepala dipenggal maka badan akan mati”.
           
Hadirin jama’ah jum’ah yang dimulikan Alloh
Setelah kita mengerti dan memahami fadilah dan keutamaan sabar, lalu bagaimana kita melatih kesabaran itu dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahuilah bahwa sabar itu dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
  1. Sabar ‘Alaihi Tho’at, yaitu yaitu sabar dalam menjalankan ta’at kepada Alloh dan Rosul-Nya, dengan menahan hawa nafsu yang senantiasa mengajak kita bersenang-senang dalam hidup didunia ini tanpa memperhatikan syariat agama. Menahan hawa nafsu agar dapat kita arahkan kepada hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam.
  2. Text Box: 4Sabar ‘anil ma’ashi, yaitu sabar dalam menjauhi maksiat. Artinya kita harus sabar dalam menahan nafsu yang senantiasa mengajak pada kedholiman dan kejelekan dengan berbagai bujuk rayuannya syetan yang tidak pernah lelah menggoda manusia.
  3. Sabar ‘Ala Makaarih, yaitu sabar dalam menghadapi perkara yang tidak disenangi, seperti sakit, fakir, bencana alam dan musibah yang lainnya, karena semua itu adalah cobaan yang diberikan Alloh kepada kita, untuk menguji sejauh mana nilai keimanan kita kepada Alloh swt.
Hadirin jama’ah jum’ah yang berbahagia
Demikianlah khutbah yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan ada guna manfaatnya dan semoga kita dapat menjalankan kesabaran sesuai dengan syariat Islam, sehingga kita bisa meraih kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Amin.. Amin.. Ya Robbal ‘Alamiin……
 
By Zainal Arifin 
(PAF Kec. Dagangan - Kemenag Kab. madiun)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUDA AGAMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Bambang Indrayana KPI
Proudly powered by Blogger